Setelah 9 Tahun Diluncurkan Akhirnya New Horizons Capai Pluto

14 Juli 2015 adalah hari yang bersejarah bagi NASA, itu semua karena pada tanggal tersebut, pesawat ruang angkasa New Horizons akhirnya mencapai Pluto di pinggiran tata surya kita. Pertemuan New Horizons dengan Pluto terjadi sesuai dengan jadwal yang direncanakan.


Untuk mencapai orbit Pluto dan mengambil gambar bersama-sama dengan bulan-bulannya, wahana New Horizon menghabiskan hampir satu dekade perjalanan melalui ruang, dimana pada Januari 2006, pesawat ruang angkasa New Horizons memulai petualangan nya.

“Hello #Pluto! We’re at closest approach. Congrats to all!” Tulis badan antariksa AS NASA dalam sebuah posting Twitter mengumumkan keberhasilan misi New Horizons '.


Info terbaru menyebutkan bahwa terbang lintas tersebut membawa pesawat ruang angkasa New Horizons dalam jarak hanya 7.750 mil (12.470 kilometer) dari orbit Pluto, sehingga menjadikan pesawat ruang angkasa pertama yang mengunjungi sudut ini di lingkungan kosmik kita.

Planet kerdil Pluto berjarak sekitar 4,67 miliar mil (7,5 miliar kilometer) dari Bumi ketika berada pada orbit terjauh, dan pada jarak 2,66 miliar mil (4,28 miliar kilometer) ketika berada pada orbit terdekatnya.

Ilmuwan misi di NASA berjanji untuk merilis gambar New Horizons yang lebih lengkap, yang diperoleh selama terbang lintas bersejarah di planet Pluto, setelah New Horizons mengirimkan gambar-gambar kembali ke bumi.

Setelah terbang melewati planet Pluto dan bulan-bulannya, New Horizons akan pergi untuk mengunjungi objek lain di Sabuk Kuiper. Akhirnya, pesawat ruang angkasa tersebut akan meninggalkan tata surya dan masuk ke ruang antar bintang.

Planet kerdil Pluto pertama kali ditemukan bersembunyi di tepi Tata Surya oleh astronom Amerika Clyde Tombaugh pada tahun 1930. Clyde meninggal pada tahun 1997, pada usia 90 tahun, dan tidak bisa menyaksikan New Horizons memulai perjalanan epik nya menuju planet yang dia temukan.