Laptop Xiaomi yang Mirip MacBook Air dengan Harga Murah

laptop xiaomi, laptop murah xiaomi

Dari segi penjualan smartphone, Xiaomi sudah menjadi perusahaan terbesar ketiga dunia. Produk andalan perusahaan China ini bukan cuma smartphone. Xiaomi memproduksi tablet, router serta TV Box. Kini terdengar kabar bahwa mereka berencana untuk membuat laptop.

Seperti dikutip dari Gizmochina, bocoran soal adanya laptop Xiaomi memang sudah lama tersiar. Namun kali ini yang mengejutkan adalah penampakan laptop yang dijuluki Xiaomi MI tersebut mirip dengan MacBook Air.

Menurut sebuah sumber, spesifikasi yang disematkan pada laptop Xiaomi kemungkinan akan menggunakan prosesor Intel Haswell i7-4500u yang disandingkan dengan RAM 2x8GB. Layarnya seluas 15 inci dengan resolusi 1080p, dan akan akan menjalankan sistem operasi Linux yang telah dimodifikasi. Dengan spesifikasi yang wow tersebut  laptop ini akan dibanderol pada kisaran harga 481 dollar AS atau sekitar Rp 5,9 juta.

Namun, setelah dikonfirmasi langsung oleh seorang juru bicara Xiaomi mengenai keberadaan laptop tersebut ternyata bukan buatan Xiaomi. Gambar yang disebut-sebut sebagai gambar MacBook Air murah versi Xiaomi itu sebenarnya adalah gambar MacBook Air hasil photoshop.

The Verge menyebutkan, ini memperlihatkan bahwa Xiaomi masih dianggap oleh banyak pihak sebagai penjiplak. Karena begitu mudahnya kabar MacBook Air dengan logo Xiaomi tersebut menyebar luas. Meski gambar tersebut akhirnya terungkap sebagai hasil editan.

Namun, tak menutup kemungkinan jika Xiaomi juga akan membuat sebuah laptop. Terlebih lagi, seorang eksekutif Xiaomi juga baru-baru ini menyebutkan akan merilis sebuah perangkat flagship.

Ada pihak yang menyebut bahwa perangkat tersebut adalah laptop, namun ada juga yang mengatakan bahwa perangkat tersebut adalah ponsel flagship anyar, yang kemungkinan adalah Mi5 yang bocorannya kini sudah banyak beredar.